Jawaban Materi Pakaian Profesi

Sekolah Dasar – Jawaban Materi Pakaian Profesi. Berikut materi kelas 3 tantang ” Pakaian Profesi ” yang akan kami bahas. Semoga ulasan materi dan Contoh jawaban dari materi ” Pakaian Profesi ” kelas 3 ini bermanfaat.

Edo sangat senang karena tahu asal pakaiannya. Edo ingin belajar tentang pakaian profesi. Ikutilah kegiatan Edo dan teman-temannya!

Pakaian Profesi

Pakaian Profesi

Edo dan teman-temannya belajar tentang pakaian profesi. Pakaian profesi adalah pakaian yang digunakan oleh profesi tertentu. Pakaian tersebut biasa dikenakan saat mereka bekerja. Pada zaman dahulu tidak ada pakaian profesi seperti saat ini.

Pakaian profesi banyak jenisnya. Ada pakaian profesi yang dikenakan oleh dokter, tentara, dan polisi. Ada juga pakaian profesi pilot dan pengacara.

Pakaian profesi dikenakan sesuai keperluan. Dokter memakai pakaian dokter saat praktik. Pak polisi mengenakan seragam polisi saat bertugas. Ibu pengacara mengenakan pakaian pengacara saat bersidang. Pakaian profesi tidak dipakai setiap saat.

Banyak orang senang mengenakan pakaian profesi. Pakaian profesi adalah tanda pengenal suatu profesi. Orang yang mengenakan pakaian polisi adalah seorang polisi. Kita dapat membedakan pilot dengan pramugari dari pakaian yang dikenakannya. Pakaian profesi juga dapat menjadi kebanggaan orang yang memakainya.

Amatilah teks “Pakaian Profesi”! Jawablah pertanyaan berikut ini!

1. Apa saja yang diceritakan teks?

Jawaban : Teks tersebut menceritakan tentang pakaian profesi. Pakaian profesi itu banyak jenisnya. Pakaian profesi dikenakan sesuai keperluan. Pakaian profesi adalah tanda pengenal suatu profesi dan dapat menjadi kebanggaan pemakainya.

2. Apakah orang zaman dahulu mengenakan pakaian profesi saat bekerja? Mengapa?

Jawaban : Orang zaman dahulu tidak mengenakan pakaian profesi saat bekerja karena pada zaman dahulu belum ditemukan teknologi produksi sandang, seperti saat ini.

3. Pakaian profesi apa yang sangat ingin kamu kenakan? Mengapa?

Jawaban : Saya ingin mengenakan pakaian profesi polisi, karena cita-cita saya ingin menjadi polisi yang menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

4. Apa kelebihan dan kekurangan memakai pakaian profesi?

Jawaban : Kelebihan memakai pakaian profesi adalah menjadi tanda pengenal suatu profesi bagi pemakainya, dan kekurangannya adalah membeda-bedakan orang berdasarkan pekerjaannya.

5. Apa yang ingin kamu tanyakan tentang pakaian profesi? Tuliskan pertanyaanmu!

Jawaban : Apakah ada tempat khusus untuk membuat pakaian profesi?

Amati kembali teks “Pakaian Profesi”!

Berceritalah kepada temanmu tentang pakaian profesi! Berceritalah secara bergantian!

Isi Teks “Pakaian Profesi”

Pakaian profesi adalah pakaian yang digunakan oleh profesi tertentu.  Pakaian profesi banyak jenisnya. Ada pakaian profesi yang dikenakan oleh dokter, tentara, dan polisi. Ada juga pakaian profesi pilot dan pengacara.

Pakaian profesi kdikenakan sesuai keperluan. Banyak orang senang mengenakan pakaian profesi. Pakaian profesi adalah tanda pengenal suatu profesi. Pakaian profesi juga dapat menjadi kebanggaan orang yang memakainya.

Ayo Berlatih

Edo dan teman-temannya sangat senang belajar tentang pakaian profesi. Mereka berencana mengadakan kegiatan menarik. Mereka ingin memakai pakaian profesi sesuai cita-cita.

Setiap anak memiliki cita-cita. Mereka memiliki cita-cita yang berbeda. Udin ingin menjadi dokter. Dayu ingin menjadi pilot. Lani ingin menjadi perawat. Edo ingin menjadi polisi. Siti ingin menjadi perancang busana. Beni ingin menjadi penyiar televisi.

Mengolah Bahan Dasar Pakaian

Amatilah gambar Edo dan teman-temannya!

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut!

1. Siapa sajakah yang mengenakan pakaian profesi?

Udin, Dayu, Lani, Beni, Siti, dan Edo mengenakan pakaian profesi.

2. Apakah semua pekerjaan memiliki pakaian profesi khusus? Jelaskan!

Tidak semua pekerjaan mengenakan pakaian profesi. Misalnyan petani, nelayan, penjahit tidak mengenakan pakaian profesi saat mereka bekerja.

3. Bagaimana sikapmu jika memiliki teman-teman yang berbeda cita-cita denganmu? Jelaskan!

Jika ada teman yang berbeda cita-cita , kita harus menghargainya.

Demikian ulasan materi dan contoh jawaban dari buku siswa kelas 3 tentang Pakaian Profesi.

Avatar

About the Author: Sekolah Dasar

Media Informasi Seputar Sekolah Dasar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *